Iklan Kumpulan Olahraga

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh | Kumpulan-Olahraga | ~ Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan semua makhluk hidup termasuk manusia, karena kesehatan merupakan sesuatu hal yang harus dijaga dan dipelihara agar kita dapat bertahan hidup di dunia ini, dalam melakukan olahraga ini diri kita sendiri lah yang harus berperan karena olahraga ini tidak bisa dilakukan atau diwakilkan kepada orang lain sehingga kita sendiri lah yang harus bertanggung jawab dalam memelihara kesehatan, Salah satu untuk menjadikan tubuh tetap sehat dan fit adalah dengan melakukan kegiatan Olahraga secara teratur, juga dengan menerapkan pola hidup yang sehat.
Olahraga merupakan kegiatan yang menjadikan  seluruh anggota tubuh kita terbebani, dengan begitu daya tahan tubuh kita pun akan meningkat dengan sendirinya, kita dapat memilih Olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh kita sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Akan tetapi kita tidak lah harus melakukan olahraga yang berat seperti Sepakbola, Lari, Bola Voli dan olahraga lainnya, untuk menjaga kesehatan dan membuat badan tetap fit kita bisa melakukan olahraga yang ringan-ringan seperti Jalan, Joging, yoga dan olahraga ringan lainnya.
Walupun olahraga ini sangat penting bagi tubuh kita, saat ini banyak sekali orang yang belum menyadari akan penting nya olahraga, saat ini banyak sekali penyakit yang timbul akibat pola hidup yang salah dan juga kurang nya aktivitas Olahraga, saat ini banyak skali orang beralasan terlalu sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lain nya sehingga mereka jarang sekali untuk berolahrag. Selain menjaga kesehatan olahraga juga dapat dijadikan serana untuk menghilangkan stres, misalnya Yoga olahrag ini dapat menjadikan badan dan fikiran lebih rileks sehingga kan menimbulkan ketenangan batin.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh.

Banyak sekali olahraga ringan yang dapat kita lakukan agar dapat menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh berikut ini kami kumpulkan beberapa olahraga rigan yang dapat menjadikan tubuh menjadi sehat dan bugar daintaranya adalah sebagai berikut :

1. Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh ~ Joging

Joging merupakan olahraga ringan yang tidak perlu memiliki keterampilan khusus, dapat dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat dan juga tidak memerlukan lapangan dan fasilitas penunjang lainnya, Joging ini cukup dengan menggunakan sepatu dan pakaian santai, olehkarena itu joging menjadi salah satu olahraga yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. berikut ini beberapa manfaat Joging yang berhasil kami kumpulkan adalah sebagai berikut :

  1. Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan.
  2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan masalah pencernaan.
  3. Menetralkan depresi. 
  4. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif.
  5.  Membantu membakar lemak dan mengatasi kegemukan. 
  6. Dapat membantu mengatasi masalah dengan selera makan. 
  7. Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung. 
  8. Membuat tidur lebih nyenyak
Selain manfaat-manfaat yang disebutkan diatas joging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental, apabila joging dilakukan secara teratur dan benar maka meskipun kita melakukan aktifitas yang berat badan akan tetap bugar dan terhindar dari kelelahan. Akan tetapi hal yang harus diingat sebelum kita melakukan Joging ini di perlukan Pemanasan dan peregangan otot agar kita terhindar dari resiko cedera seperti terkilir. Pada awal melakukan joging sebaiknya dilakukan dengan melakukan lari dengan kecepatan yang lambat hal ini bertujuan agar otot-otot dapat menyesuaikan dan siap untuk melakukan lari yang lebih cepat lari santai ini dilakukan minimal sejauh 200 meter dan setelah itu kecepatan dapat di tambah sesuai dengan kemampuan dari pelari, dan ketika kita akan berhenti melakukan joging sebaiknya teurunkan dahulu kecepatan lari kita kira-kira sejauh 100 meter, dan jangan lupa untuk melakukan pendinginan setelah melakukan joging agar otot kembali rileks. dengan melakukan joging minimal 3 x dalam seminggu itu sudah cukup untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh ~ Berenang & Aquarobik

Olahraga Renang merupakan salahsatu olahraga yang banyak dilakukan dan digemari oleh masyarakat karena gerakan olahraga renang ini sangat kompleks dan hampir melibatkan seluruh bagian tubuh sehingga sangat bermanfaat unuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.
Berenang ini sangat lah baik unuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita, karena dengan berenang misalnya kita menggunakan Gaya Punggung, Atau Gaya Dada. maka hamir seluruh otot tubuh terlibat dalam gerakan olahraga renang tersebut sehingga renang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. akan tetapi dikarenakan renang ini melibatkan banyak sekali otot yang terlibat maka dibutuhkan Pemanasan dan peregangan yang baik dan benar agar otot-otot yang akan digunakan tidak mengalami Kram atau bahkan dapat mengakibatkan cedera apabila kita kurang melakukan pemanasan. Untuk mengetahui cara pemanasan yang baik dapat dilihat "DISINI".
Meskipun berenang ini merupakan olahraga yang menggunakan air sebagai sarana dan fasilitas nya, kita tetap harus minum air putih yang cukup banyak agar kita terhindar dari Dehidrasi. Berenang ini juga dapat bermanfaat untuk membakar lemak karena dengan olahraga renang ini kita dapat membakar kalori hingga 25%. Berdasarkan penelitian olahraga renang ini juga bermanfaat untuk membantu menguatkan Otot-otot organ pernafasan sehingga paru-paru akan sehat dan sobat akan mendapatkan nafas yang panjang.

 3. Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh ~ Yoga

Yoga merupakan perpaduan Olahraga dengan Meditasi. kebanyakan Peminat nya ialah kaum wanita bahkan bagi sebagian orang yoga menjadi gaya hidup baru, Katayoga berasal dari bahasa sansekerta yang berarti Yoke, atau membawa harmonisasi antara pikiran tubuh dan jiwa. mendisiplinkan pikiran dan tubuh dan berhubungan juga dengan jiwa adalah tujuan dari yoga ini. Selain sebagai aktivitas yang dapat menyehatkan dan membugarkan tubuh Yoga ini juga berfungsi sebagai media pelepas stres dan hari yang gundah, sehingga Olahraga Yoga ini sangat cocok untuk sobat yang memiliki kesibukan terutama kesibukan yang dapat memicu Stres.
Jika yoga dilakukan secara rutin dan teratur ini memungkinkan dapat meredam stres, karena yoga ini dapat menyimbangkan dan menstabilkan Emosional, Dalam melakukan Olahraga Yoga ini tidak cukup dengan mengikuti beberapa kali kelas yoga dan menonton video karena Yoga ini memerlukan pernafasan tertentu yang harus dipahami, yang di seimbangkan dengan gerakan yang tepat serta di sesuaikan dengan kondisi tubuh dan kemampuan melakukan gerakan yoga.
Yoga pada mulanya banyak di lakukan oleh kalangan orang tua akan tetapi pada saat ini olehrag yoga ini banyak sekali diminati dan dilakukan oleh kalangan muda, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan yang dapat memicu terjadinya stres.

4.Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan ~ Aerobik Dan Anaerobik


Aerobik merupakan salah satu olahraga yang sedang populer saat ini. hampir semua lapisan masyarakat dan segala usia melakukan aerobik. Tidak hanya masyarakat kota besar saja yang dapat melakukan Olahraga Aerobik ini, akan tetapi juga masyarakat Pedesaan juga pada saat ini telah banyak melakukan olahraga Aerobik ini. Olahraga Aerobik tidak hanya dilakukan di pusat-pusat kebugaran saja, Pada saat ini fasilitas umum yang biasa mengadakan senam massal juga banyak diminati seperti pada Car Free day atau acara-acara lainnya. Latihan aerobik dilakukan dengan gerakan-gerakan yang relatif Intens dan cepat sehingga dapat memicu detak jantung dan nafas. Latihan ini dimulai dengan pemanasan selama 5 menit kemudian diikuti latihan pokok dengan mengukur maksimum detak jantung menuju pencapaian 200 dikurangi usia yang sedang berlatih per menit. Latihan ini dilakukan minimum selama 20 menit tergantung kondisi tubuh sobat.
Selain untuk kebugaran tubuh, manfaat latihan aerobik antara lain, meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru, menguatkan otot-otot tubuh, kelenturan, membakar kalori, dan juga untuk meningkatkan daya kerja organ jantung terutama dalam meningkatkan kedua ventrikel. Kegunaan untuk lansia latihan ini juga berguna untuk memperbaiki keadaan fisik mereka, dan juga untuk memelihara daya ingat mereka.

Berbeda dengan Aerobik,  Anaerobik merupakan latihan yang dilakukan para atlet olahragawan untuk meningkatkan masa otot dan non-endurance sifatnya, seperti angkat beban dalam meningkatkan masa otot. American Heart Association (2007) menganjurkan angkat beban hendaknya dilakukan setelah latihan aerobik dan hanya sebagai pelengkap yang sifatnya untuk penampilan yang baik bagi tubuh kita. Latihan aerobik dan anaerobik hendaknya dilakukan secara teratur dan tidak usah berlama-lama sehingga over-exchausted yang malah berbahaya karena dapat menimbulkan serangan jantung mendadak.
Latihan olahraga sebaiknya dilakukan di udara terbuka dan bebas polusi atau di ruang tertutup yang temperature ruangannya sudah diatur. Dan sebaiknya dilakukan setiap sore minimal 30 menit. Hal ini karena sebuah penelitian di Framingham USA, di Inggris, Belgia, National University of Singapore dan di Jepang bahwa serangan jantung frekuensinya banyak terjadi antara pukul 06.00–12.00 siang. 

5. Manfaat Olahraga Bagi Anak-anak

Manfaat Olahraga bagi Pertumbuhan Anak-anak Olahraga digemari anak karena identik dengan permainan, agar bermanfaat bagi kesehatan tubuh anak, orangtua harus pintar-pintar memilih olahraga yang tepat, Anak-anak memiliki kecenderungan bergerak dengan aktif sehigga dibutuhkan olahraga yang dapat membuat anak tersebut bergerak bebas, aktif dan yang melibatkan gerak tubuh biasanya olahraga yang seperti itu akan disukainya. Memang banyak pilihan olahraga yang bisa dimainkan anak-anak, mulai Sepak bola, karate, taekwondo, dan Pencak Silat. Namun tidak semuanya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh anak-anak ataupun manfaat bagi perkembangan mental anak, Hal tersebut tentu saja dipengaruhi oleh suka atau tidaknya seorang anak pada olahraga yang dimainkan.
Karena itu peran orangtua sangat dibutuhkan untuk mengetahui apakah olahraga seperti apa yang disukai yang dapat memberikan manfat dan mempercepat perkembangan pertumbuhan dan mental anak tersebut. Tak heran bila memilih olahraga bagi anak sangat penting. Ini menyangkut pertumbuhan fisik dan psikis mereka. Bila anak tidak menyukai olahraga, jangan dipaksa karena hal itu akan membuat anak membenci apa pun kegiatan yang melibatkan gerak tubuh. Dan tentu saja berbahaya karena lama kelamaan sang anak semakin tidak menyukai olahraga, Anak yang memiliki fisik yang lebih lemah dibanding teman-temannya akan merasa sangat tidak nyaman saat melakukan olahraga yang membutuhkan aktivitas fisik yang lumayan berat, seperti sepak bola, soft ball, atau voli. ini akan membuat Anak menjadi tidak percaya diri apabila dia memiliki masalah dengan bentuk tubuhnya, Alasan lainnya mungkin saja anak memiliki perasaan takut gagal dan malu, jika dibanding-bandingkan dengan teman-temannya.
Untuk anak yang seperti itu, lebih baik berikan olahraga yang mengandalkan kekuatan tubuh pribadi, seperti Bulutangkis, Renang, Lari, atau olahraga Beladiri. akan tetapi peran orang tua juga dibutuhkan ketika anak memilih jenis olahraga yang tidak biasa, misalnya Sepak bola walau anak berjenis kelamin wanita, karena membuat si kecil nyaman dengan olahraga yang dipilihnya sudah menjadi dasar utama bagi anak untuk bisa merasakan manfaat dari olahraga. cara untuk mengetahui olahraga apa yang disukai oleh anak adalah dengan memenfaatkan waktu libur bersama keluarga, cobalah rencanakan liburan ke daerah atau tempat wisata yang sejuk dengan suasana dan lokasi yang memungkinkan melakukan olahraga bersama, kemudian biarkan anak melakukan olahraga yang digemarinya, Ada beberapa gejala awal yang bisa dilihat jika anak tidak menyukai olahraga yang diberikan kepadanya, di antaranya adalah anak jadi tidak bersemangat, malas-malasan, malas berangkat ke sekolah, bahkan tidak mau disuruh sama sekali. Berbagai kegiatan olahraga termasuk bermain yang menggunakan keterampilan fisik dapat membantu anak untuk mengembangkan jenis kecerdasan yang dinamakan dengan kinestetik jasmani, yaitu kecerdasan seluruh tubuh dan kecerdasan tangan. Kalau kinestetik jasmani anak seimbang, anak akan menjadi lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan dalam situasi apapun, anak juga lebih percaya diri. Manfaat

Manfaat Olahraga Bagi kesehatan Tubuh Secara Umum


Pada saat ini orang terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan lupa atau terlalu lelah untuk berolahraga, padahal olahraga itu sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh kita. Di saat sehat hal ini memang tidak terasa akan tetapi jika sudah terserang penyakit barulah kita menyadari pentingnya olahraga. Beberapa manfaat olahraga di antaranya adalah melancarkan peredaran darah, mengurangi resiko darah tinggi dan obesitas, serta membakar lemak dan kalori, Selain itu riset terbaru menunjukkan bahwa dengan berolahraga minimal 10 menit setiap harinya, dapat membuat mental lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang dan menimbulkan perasaan bahagia. Daniel Landers, profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University mengungkapkan lima manfaat olahraga bagi otak kita.


a. Meningkatkan kemampuan

Olahraga atau latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.


b. Membantu menunda proses penuaan

Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita diatas 65 tahun. Semakin sering dan lama mereka melakukannya, maka penurunan mental kian lambat. Kabarnya, banyak orang yang merasakan manfaat aktivitas itu setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensitas tinggi. Cukup berupa jalan kaki disekitar rumah.


c. Mengurangi stres

Olahraga dapat mengurangi kegelisahan bahkan lebih jauh lagi bisa membantu mengendalikan amarah. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat Anda lebih cepat mengatasi stres. Aktivitas seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres.



d. Menaikkan daya tahan tubuh

Jika senang berolahraga, meski dalam waktu yang singkat namun intensif, atau lama tapi dilakukan dengan santai, aktivitas ini bisa meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh.Studi yang dilakukan di Inggris memperlihatkan bahwa 83% orang yang memiliki gangguan mental mengandalkan olahraga untuk meningkatkan mood dan mengurangi kegelisahan. Landers mengatakan, untuk orang yang menderita depresi ringan dan sedang, olahraga sedikitnya 16 minggu bisa menimbulkan efek samping yang sama dengan menelan obat anti depresi.
Sementara para peneliti di Duke University menemukan bahwa 60 persen orang depresi ringan dan sedang, dengan olahraga selama empat bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu dan setiap latihan selama 30 menit bisa mengatasi gejala ini tanpa obat. Meski tergolong langkah yang mujarab, namun bukan berarti pengobatan bisa langsung dihentikan, apalagi bagi yang mengalami depresi berat.



e. Memperbaiki kepercayaan diri

Pada umumnya semakin mahir seseorang dalam suatu aktivitas, maka kepercayaan diri pun akan meningkat bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan kegiatan serupa, Malas berolahraga dengan alasan kurang memiliki waktu dalam jangka panjang dampaknya cukup buruk, yakni munculnya penyakit yang disebabkan oleh hipokinesia (kurang gerak). Di antaranya, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, jantung, artritis, hiperkolesterolemia, dan obesitas.
Albert M. Hutapea dalam bukunya "Menuju Gaya Hidup Sehat" mengungkapkan, penelitian selama 16 tahun terhadap 17.000 alumnus Universitas Harvard menunjukkan, mereka yang tidak aktif berolahraga (yang membakar tidak lebih dari 500 kalori per minggu dalam kegiatan olah raga) lebih cenderung mengidap penyakit jantung.
Karena itu, olah raga menjadi keharusan bila ingin hidup sehat. Olah raga mesti dijadikan bagian dari gaya hidup. Dalam arti luas, yang dimaksud dengan olah raga sebenarnya adalah kegiatan yang dilakukan begitu rupa sehingga jantung cukup terbebani. Selain itu usai melakukan aktivitas bisnis sepanjang hari, tentunya, membuat tubuh kecapaian. Olah raga dan rekreasi merupakan pilihan yang tepat untuk menyegarkan diri kembali.

Demikian lah pembahasan tentang Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh, marilah kita budayakan berolah raga agar badan kita tetap sehat dan Bugar, dan dengan berolah raga ini sobat akan merasakan manfaat nya, terimakasih.






Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh | Kumpulan-Olahraga | ~ Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan semua makhluk ...

Read more »

1 komentar:

  1. Permainan Sabung Ayam Aman dan Terpercaya hanya di Agen BOLAVITA!!

    Dengan minimal deposit Rp 50.000 saja sudah dapat mainkan permainan ini.

    Sabung Ayam terdapat 3 jenis:
    • Sabung Ayam S128
    • Sabung Ayam SV388
    • Kungfu Chicken

    Bonus yang disediakan Agen BOLAVITA juga cukup banyak:
    • Bonus New Member 10%
    • Bonus Deposit Setiap Hari 5%
    • Bonus Cashback 5 - 10%
    • Bonus Referral 7+2%
    • Bonus Flash Deposit setiap Jumat

    Baca juga :
    1. REGISTER BOLAVITA
    2. PROMO BONUS BIGMATCH 20%

    Daftar sekarang juga di www.bolavita.vip

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete

 
Kumpulan Olahraga © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top